Tuesday, August 30, 2016

Biologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup, makhluk hidup tidak hanya mencakup manusia, hewan dan tumbuhan saja, melainkan juga bakteri, jamur, dan protozoa. Tentunya dikatakan hidup dikarenakan memiliki ciri hidup. Beberapa cabang ilmu yang dipelajari antara lain sitologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang sel, zoologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang hewan, botani yaitu ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan, taksonomi yaitu ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup, dan masih banyak lagi. Belajar biologi tidak bisa hanya sekedar di hafal saja, tetapi sangat penting sekali untuk di fahami dengan benar-benar, karena biologi berbeda dengan cabang ilmu yang lainnya seperti matematika, fisika ataupun kimia. Konsep dasar sangat penting untuk dipegang secara kuat dan mantap, untuk itu perlu dibantu dengan mind map atau peta konsep. Bagi saya yang memiliki kemampuan audio visual jadi untuk belajar biologi saya sangat perlu dibantu dengan gambar, ataupun video animasi.

Prospek kerja jurusan biologi

Langkah sukses dalam bidang biologi
Bagi pelajar yang mengambil jurusan biologi murni, jangan khawatir, pilihan kamu adalah pilihan yang tepat, karena lapangan kerja untuk jurusan biologi tergolong banyak asal mempunyai kemauan dan skill kerja. Nah, terus bisa menjadi apa saja kalau misal sudah lulus dari kuliah? 

1. Menjadi peneliti
Peneliti atau ilmuwan adalah orang yang memiliki komitmen dalam hidupnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dengan penelitian-penelitian yang dilakukannya. Jika kamu ingin menjadi peneliti, kamu bisa ikut proyek-proyek penelitian yang biasa diadakan dari kampus kamu, atau juga bisa melamar kerja ke lembaga penelitian. Jangan khawatir, banyak sekali lembaga penelitian biologi di Indonesia, sehingga kamu dapat mengembangkan skill sekaligus mendapatkan ilmunya. 

2. Menjadi pengajar
Loh? memang bisa ya? bisa dong. Meskipun kamu bukan dari jurusan keguruan, kamu juga bisa menjadi pengajar, baik pengajar freelance, fulltime, atau privat (pengajar dengan layanan datang ke rumah). Job ini, selain kamu bisa mendapatkan uang, dengan pekerjaan ini kamu bisa sambil belajar mendalami ilmu, dan mengamalkan ilmu yang dimiliki, dengan pekerjaan inipun kamu akan merasa bahagia (karena inilah yang disebut hobi yang dibayar)

3. Wirausaha
Berwirausaha merupakan pilihan yang tepat jika kamu menginginkan posisi menjadi bos. Ya... kamu bisa mendirikan perusahaan kamu sendiri, menjalankan bisnis yang sejalan dengan ilmu biologi tentu bukanlah hal yang sia-sia. Sebenarnya, output kuliah itu sendiri pada dasarnya lebih baik mendirikan sebuah lapangan kerja bagi masyarakat dan bukan untuk menjadi karyawan, pastinya kalau semua mahasiswa berfikiran seperti ini, mungkin angka pengangguran di Indonesia akan berkurang.

4. Dosen
Dosen yang berkualitas adalah dambaan setiap mahasiswa, supaya bisa menjadi dosen kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, S2 atau S3. Jangan khawatir, sekarang banyak banget kok beasiswa untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah, jerih payah dan keringat pasti terbayarkan.

Mudah-mudahan jawaban ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan biologi murni.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Hak Cipta Dilindungi. Powered by Blogger.

Translate

Total Pageviews

Popular Posts

Recent Post

Recent Posts Widget

Web Hosting Unlimited, Daftar Sekarang!

Hosting Unlimited Indonesia