Thursday, August 4, 2011

Hidup Berumah Tangga

Judul Buku : Keikhlasan Cinta Diana
Penulis : Sakti Wibowo dan Tasaro
Tanggal Terbit : September 2005
Cetakan : I
Penerbit : PT. Syaamil Cipta Media
Tebal : 148 Halaman
Cerpen merupakan suatu karya sastra cerminan langsung dari kehidupan. Cerpen menggambarkan sesuatu yang kita alami sehari-hari dan mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita mengambil sikap dalam menghadapi berbagai liku-liku kehidupan. Untuk itulah buku kumpulan cerpen ini diterbitkan.
Buku ini merupakan kumpulan dari beberapa cerpen yang mengangkat masalah kehidupan kita sehari-hari khususnya masalah dalam kehidupan rumah tangga dengan berbagai problematikanya yang disajikan dengan praktis dan menarik.
Cerpen Asti karya Diana Roswita, Boneka Sepi karya Sakti Wibowo, merupakan dua dari sebelas cerpen yang dimuat dalam buku ini. Tiap-tiap cerita yang disajikan dalam buku ini menunjukan berbagai cerminan kehidupan berumah tangga dengan jalan ceritanya masing-masing yang mampu menggugah perasaan serta dapat memberikan sentuhan lembut bagi setiap hati pembacanya.
Sebagian besar cerpen dalam buku ini menggunakan alur campuran dan hanya sebagian kecil yang menggunakan alur maju dan alur mundur, ditunjang dengan rangkaian gaya bahasa yang cukup menarik dan dapat dengan mudah dimengerti.
Pada umumnya penulis dalam buku ini lebih tertarik menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pelaku utama dimana sang penulis tidak melibatkan diri dalam cerita tersebut.
Cerpen Kesetiaan merupakan selah satu cerpen yang mampu menggugah perasaan. Cerpen ini berisi 20 halaman. Cerpen karya Diana Roswita ini menceritakan kisah tentang seorang wanita tua yang bernama Ramlah dan kedua anaknya yang ditinggal oleh suaminya selama 30 tahun lamanya. Setelah tiga puluh taun kemudian suaminya kembali, dia menceritakan kehidupannya selama di Malaysia kepada istrinya bahwa dirinya hidup sengsara. Wanita tua itu menceritakan berbagai liku-liku kehidupan dialami olehnya dalam mendidik dan membesarkan kedua anaknya ditengah-tengah himpitan ekonomi tanpa kehadiran seorang suami. Cerita ini mencapai klimaksnya saat anak yang paling kecil menderita sakit karena digigit ular dan ketika salah satu anaknya berkeinginan kuat untuk melanjutkan sekolah kejenjang Sekolah Menengah Atas sedangkan ibunya tidak mampu membiayainya. Pada suatu kesempatan, anak tersebut mendapatkan peluang untuk melanjutkan sekolahnya tanpa harus mengeluarkan biaya apapun tetapi dengan syarat ia harus menaruhkan akidahnya yang selama ini telah ia yakini dan dijadikan pedoman hidupnya. Namun pada akhirnya setelah anaknya lulus dari SMA, anak tersebut berpindah keyakinan dan kembali menjadi muslim, kepala sekolah dari sekolah tersebut mengetahiunya dan menagih uang sebesar Rp.30.000.000,00 untuk mengganti biaya sekolahnya. Sehingga wanita tersebut terlilit hutang yang begitu banyak, dan berfikir bahwa dirinya tidak bisa menebusnya. Wanita tersebut bekerja keras untuk mendapatkan uang tersebut, pada akhirnya Allah SWT memberikan jalan yang terbaik, sehingga hutang tersebut dapat terbayar dan anaknya bisa menjadi dokter. Selama ditinggal suaminya, wanita tersebut tidaklah berniat untuk mencari pengganti sang suami yang di isukan meninggal pada kecelakaan perahu yang dinaikinya saat pergi ke Malaysia. Namun sayangnya, laki-laki itu berbohong kepada istrinya tentang keadaannya ketika di Malaysia. Padahal sebenarnya laki-laki itu menikah dengan wanita kaya raya, sehingga dia hidup bahagia bersama istri mudanya tanpa sepengatahuan Ramlah. Dia merasa malu pada Ramlah yang begitu setia menunggu kehadirannya, dan pada akhirnya dia berniat untuk pergi mengasingkan diri.


Buku ini bukan hanya merupakan pilihan tepat untuk mengisi waktu luang anda tetapi juga merupakan sumber bagi anda yang ingin mencari inspirasi kehidupan berumah tangga.
Jadi apabila anda ingin mengisi waktu luang anda sembari memotivasi diri sendiri, buku inilah jawabannya.


By : Siti Nur Azizah
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Hak Cipta Dilindungi. Powered by Blogger.

Translate

Total Pageviews

Popular Posts

Recent Post

Recent Posts Widget

Web Hosting Unlimited, Daftar Sekarang!

Hosting Unlimited Indonesia