Saturday, September 17, 2016

Seseorang dapat memiliki warna kulit putih atau hitam, rambut yang keriting atau lurus, alis mata tipis atau tebal, sifat nampak tersebut dipengaruhi oleh expresi gen. Nah, bagaimana suatu gen tersebut diekspresikan menjadi suatu sifat? Saya akan mencoba untuk menjelaskannya.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan gen? dimakanah letak gen berada? Gen adalah unit hereditas yang berperan dalam mewariskan sifat dari induk ke keturunannya. Sperma dari ayah dan ovum dari ibu yang dihasilkan dari proses gametogenesis membawa susunan gen yang akan diekspresikan pada zigot yang terbentuk setelah proses fertilisasi.

Gen yang mengekspresikan suatu sifat terdefinisikan sebagai asam nukleat yaitu DNA (Deoxyribo Nucleic Acid). DNA terdapat pada struktur yang disebut dengan kromosom, kromosom itu sendiri terlihat jelas ketika sel sedang membelah. Kromosom terdapat di dalam nukleus, dan nukleus itu sendiri terdapat di sel hidup, baik pada sel tubuh (somatis) maupun sel kelamin.

DNA sebagai materi genetik pada sebagian besar organisme harus dapat menjalankan tiga macam fungsi pokok, antara lain fungsi genotipik yang dilaksanakan melalui replikasi, fungsi fenotipik dilaksanakan melalui ekspresi gen dengan dua tahapan yaitu transkripsi dan translasi, dan fungsi evolusioner yang dilaksanakan melalui peristiwa mutasi. Ekspresi gen dimulai dari peristiwa transkripsi kemudian dilanjutkan translasi. Transkripsi merupakan tahap awal ekspresi gen berupa perubahan molekul DNA menjadi RNA

Untuk mempelajari materi ini, anda perlu memahami perbedaan antara DNA dan RNA.
.
Transkripsi merupakan proses sintesis mRNA dengan menggunakan untai DNA template, DNA template adalah salah satu untai DNA yang digunakan untuk mencetak mRNA. Tempat terjadinya proses transkripsi yaitu di dalam inti sel, proses ini terdiri atas tiga tahapan, antara lain: (1) Inisiasi/pemulaan (2) Elongasi/pemanjangan (3) Terminasi

(1) Inisiasi/pemulaan 

Tahapan ini merupakan awal mula transkripsi, agar molekul DNA dapat digunakan sebagai cetakan dalam sintesis RNA, maka kedua untainya harus dipisahkan satu sama lain. Enzim RNA polymerase akan melekat pada promotor. Promotor adalah tempat pengikatan enzim RNA polymerase yaitu di sisi 5’ (upstream) dari salah satu untai DNA pada urutan basa penyandi yang akan ditranskripsi. Jadi, promotor akan menentukan untai DNA sense atau mungkin juga ada yang menyebutnya sebagai DNA template yang akan digunakan untuk mencetak mRNA/rNAd/kodon. Pengikatan enzim RNA polymerase beserta kofaktor-kofaktonya pada untai DNA cetakan membentuk kompleks transkripsi.

(2) Elongasi/pemanjangan

Pilinan ganda DNA terbuka, basa DNA template akan berpasangan dengan basa purin (Adenin dan guanin) dan pirimidin (sitosin dan urasil) sebagai komponen penyusun RNA sehingga mRNA terbentuk. Selama tahapan ini RNA polymerase akan bergeser, pemanjangan untai mRNA ini berlangsung dari arah 5’ ke 3’ dari untai cetakan DNA arah 3’ ke 5’.


(3) Terminasi
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Hak Cipta Dilindungi. Powered by Blogger.

Translate

Total Pageviews

Popular Posts

Recent Post

Recent Posts Widget

Web Hosting Unlimited, Daftar Sekarang!

Hosting Unlimited Indonesia